Berbagi pengalaman, pengetahuan, perasaan dan apapun yang bisa dibagi

19 November 2010

Metode-Metode Dalam Pengumpulan dan Pengujian Data – Tugas SIM 1


 

Metode-Metode Dalam Pengumpulan dan Pengujian Data

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


 


 


 


 


 

Disusun Oleh:

M. FARID ARMIANSYAH

NIM : 08622029


 

FAKULTAS TEKNIK INFORMATIKA

UNIVESRSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK

2009


 

Metode Pengumpulan Data Pada Sistem Informasi Manajemen

Istilah 'metode pengumpulan data' digunakan pada penelitian/riset. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data sama dengan metode untuk mencari informasi atau metode belajar untuk menjadi tahu tentang sesuatu. Metode pengumpulan data penelitian untuk perencanaan/perancangan arsitektur/kota  dibagi dalam tiga kelompok : survey, observasi dan arsip.

a. Melalui pengamatan sendiri secara langsung (observasi)

Keuntungan metode ini adalah bahwa data yang dikumpulkan akan lebih cermat karena pengamat sendiri yang mengumpulkan.

Kerugiannya adalah :

  1. Daerah pengamatan tidak luas, karena pengamat tidak punya banyak waktu untuk mengumpulkan data.
  2. Biayanya mahal
  3. Tidak dapat dilakukan apabila banyak hal yang harus diselidiki.

b. Melalui wawancara

Keuntungan metode ini :

  1. Data yang dikumpulkan akan lebih teliti karena dikumpulkan sendiri.
  2. Pengamatan dapat dilakukan dalam daerah yang luas dan atas dasar prinsip angka yang banyak, hasilnya akan lebih cermat.
  3. Data dikumpulkan sendiri oleh pengamat meskipun secara tidak langsung/melalui wakilnya.

Kerugiannya adalah :

  1. Metode ini merupakan metode yang mahal karena harus banyak wakil yang ditunjuk pergi ke berbagai tempat untuk mengumpulkan data.
  2. Fakta-fakta yang dikumpulkan kurang teliti.

c. Melalui perkiraan korespondensi (pembawa berita)

Keuntungan metode ini :

  1. Metode ini sangat murah
  2. Metode ini dapat meliputi daerah yang luas

Kerugiannya adalah bahwa data yang dikumpulkan sering kurang teliti.


 

d. Melalui daftar pertanyaan

Keuntungan metode ini :

  1. Metode ini lebih murah dibandingkan dengan metode wawancara pribadi secara langsung.
  2. Data dapat dikumpulkan secara cepat.

Kerugiannya adalah informan-informan mungkin tidak mengembalikan daftar pertanyaan atau mengembalikan akan tetapi tidak menjawab semua pertanyaan.

Dalam praktek langsung sering digunakan gabungan dari dua metode atau lebih misalnya metode pengamatan secara langsung dengan metode wawancara atau lainnya.


 

Metode Pengumpulan Data Pada Sistem Informasi Manajemen

    Sebelum data-data yang diolah menjadi sebuah informasi sebaiknya kita lakukan pengujian-pengujian data melalui beberapa metode agar informasi yang didapat akan lebih valid dan dapat dipertanggungjawabkan,dan metode-metode tersebut antara lain :

1.
Validitas

    Validitas adalah derajat yang menyatakan suatu tes mengukur apa yang seharusnya diukur. Validitas suatu tes tidak begitu saja melekat pada tes itu sendiri, tetapi tergantung penggunaan dan subyeknya. Validitas dipecah lagi menjadi berbagai jenis yang akan dijabarkan berikut ini :

a.
Validitas Isi

    Adalah seberapa besar derajat tes mengukur representasi isi yang dikehendaki untuk diukur. Validitas aitem berkaitan dengan apakah aitem mewakili pengukuran dalam area isi sasaran yang diukur, dan validitas sampling adalah seberapa baik sampel isi tes mewakili keseluruhan isi sasaran yang diukur. Biasanya dinilai dengan menggunakan pertimbangan pakar.

b.
Validitas Konstruk/Teoretik

Adalah seberapa besar derajat tes mengukur konstruk hipotesis yang dikehendaki untuk diukur. Konstruk adalah perangai yang tidak dapat diamati, yang menjelaskan perilaku. Menguji validitas konstruk mencakup uji hipotesis yang dideduksi dari suatu teori yang mengajukan konstruk tersebut.

c.
Validitas Konkruen

Validitas ini menunjukkan seberapa besar derajat skor tes berkorelasi dengan skor yang diperoleh dari tes lain yang sudah mantap, bila disajikan pada saat yang sama, atau dibandingkan dengan kriteria lain yang valid yang diperoleh pada saat yang sama.

d.
Validitas Prediktif

Adalah seberapa besar derajat tes berhasil memprediksi kesuksesan seseorang pada situasi yang akan datang. Validitas prediktif ditentukan dengan mengungkap hubungan antara skor tes dengan hasil tes atau ukuran lain kesuksesan dalam satu situasi sasaran.

2.
Reliabilitas

Reliabilitas suatu tes adalah seberapa besar derajat tes mengukur secara konsisten sasaran yang diukur. Reliabilitas dinyatakan dalam bentuk angka, biasanya sebagai koefisien. Koefisien tinggi berarti reliabilitas tinggi.

Reliabilitas dapat dibagi lagi menjadi :

a.
Reliabilitas Tes Re-Tes

Adalah seberapa besar derajat skor tes konsisten dari waktu ke waktu. Reliabilitas diukur dengan menentukan hubungan antara skor hasil penyajian tes yang sama kepada kelompok yang sama, pada waktu yang berbeda.

b.
Reliabiltas Belah-Dua

Reliabiltas ini diukur dengan menentukan hubungan antara skor dua paruh yang ekuivalen suatu tes, ang disajikan kepada seluruh kelompok pada suatu saat. Karena reliabilitas belah dua mewakili reliabilitas hanya separuh tes yang sebenarnya, rumus Spearman-Brown dapat digunakan untuk mengoreksi koefisien yang didapat.

c.
Reliabilitas Rasional Ekuivalen

Reliabilitas ini tidak ditentukan menggunakan korelasi tetapi menggunakan estimasi konsistensi internal. Reliabilitas ini diukur menggunakan Kuder-Richardson, biasanya Formula-20 (KR-20) atau
Formula-21 (KR-21).
Kedua rumus ini hanya dapat dipakai untuk tes yang aitem-aitemnya diskor dikotomi, yaitu benar atau salah, 0 atau 1.

d.
Reliabilitas Penyekor/Penilai

Adalah reliabilitas dua (atau lebih) penyekor independen. Reliabilitas ini biasa ditentukan menggunakan teknik korelasi, tetapi juga dapat hanya dinyatakan dalam persentase kesepakatan.


 


 


 


 


 


 


 


 


 


 

DAFTAR PUSTAKA


 

Zaenudin Hidayat, Sistem Informasi Manajemen, Diambil pada tanggal 26 Oktober 2010. http://www.scribd.com/doc/24723881/sistem-informasi-manajemen


 

Yimg.Xa 2010. Metode Pengumpulan Data. Diambil pada tanggal 26 Oktober 2010. http://xa.yimg.com/kq/groups/24927445/258655248/name/MODUL+09+METODE+PENGUMPULAN+DATA.doc

0 comments:

Buku Tamu

Pengikut